cover
Contact Name
Moh Shidqon
Contact Email
ajid.shidqon@trisakti.ac.id
Phone
+6281574360223
Journal Mail Official
mraaifeb@trisakti.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti Gedung Hendriawan Sie Lantai 3, Jalan Kyai Tapa Grogol no. 1 Grogol, Jakarta 11440 Telp: 021-5663232(ext.8334)
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Media Riset Akuntansi Auditing & Informasi
Published by Universitas Trisakti
ISSN : 14118831     EISSN : 24429708     DOI : 10.25105/mraai
Core Subject : Economy,
Media Riset Akuntansi Auditing & Informasi (MRAAI) has published by Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LPFEB) Universitas Trisakti since 2002, three times a year, (April, August, December). This journal was accredited by Dikti of 2006-2009. Start from 2015, we change the publication frequency to twice a year (April and September) The aim of Media Riset Akuntansi Auditing & Informasi to disseminate research result in accounting, auditing and information. This journal did not give limitation on research method, both of quantitative and qualitative can be accepted. The article that was submitted can be used in Bahasa or English. The decision for acceptance depends on blind review results. Several criteria to be accepted are: originality, novelty, proper research method and give the real contribution to theory development, or future research or practitioners. This journal is Open Access journal. This journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search or link to the full texts or its articles and to use them for any other lawful purpose.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 22 No. 1 (2022): April" : 8 Documents clear
PENGARUH BUSINESS STRATEGY TERHADAP TAX PLANNING: PERAN FINANCIAL EXPERTISE DAN INSTITUTIONAL OWNEESHIP Muhammad Wisnu Girindratama; Felizia Arni Rudiawarni
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol. 22 No. 1 (2022): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.985 KB) | DOI: 10.25105/mraai.v22i1.9958

Abstract

The purpose of this study is to analyze the effect of business strategy on tax planning. This study uses corporate governance, which is proxied by financial expertise and institutional ownership, as moderating variables and the company's characteristics as a control variable. The sample used in this study is a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2019 period. Determination of the sample using the specified criteria and collected a total of 525 firm years. We use multiple linear regression analysis to test the hypothesis. This research develops new insights regarding the relationship between business strategy and tax planning by including corporate governance variables into the moderation model and performs additional analyzes. Additional analyzes were conducted to explore the effect of moderation on firms with certain characteristics. The results of this study indicate that defenders are not involved in tax planning efforts while prospectors are involved in tax planning efforts. In addition, it was found that financial expertise moderates the influence of business strategy on tax planning in companies with certain characteristics.   Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi bisnis terhadap perencanaan pajak. Penelitian ini menggunakan corporate governance yang diproksikan dengan keahlian keuangan dan kepemilikan institusional sebagai variabel moderasi dan karakteristik perusahaan sebagai variabel kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Penentuan sampel menggunakan kriteria yang ditentukan dan terkumpul sebanyak 525 tahun perusahaan. Kami menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis. Penelitian ini mengembangkan wawasan baru mengenai hubungan antara strategi bisnis dan perencanaan pajak dengan memasukkan variabel corporate governance ke dalam model moderasi dan melakukan analisis tambahan. Analisis tambahan dilakukan untuk mengeksplorasi efek moderasi pada perusahaan dengan karakteristik tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa defenders tidak terlibat dalam upaya perencanaan pajak sedangkan prospectors terlibat dalam upaya perencanaan pajak. Selain itu, ditemukan bahwa keahlian keuangan memoderasi pengaruh strategi bisnis terhadap perencanaan pajak pada perusahaan dengan karakteristik tertentu.
RELEVANSI NILAI INFORMASI AKUNTANSI, PENGUNGKAPAN UPAYA DIGITALISASI DAN MODAL INTELEKTUAL DENGAN MODAL MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERASI Dwi Fitri Puspa; Arie Frinola Minovia; Zaitul Zaitul
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol. 22 No. 1 (2022): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.932 KB) | DOI: 10.25105/mraai.v22i1.10820

Abstract

This paper aims to assess the value relevance of accounting information and other information. This study investigates whether accounting information, intellectual capital and digitalization initiatives influence share market value. Further, this study investigates the moderator effect of human capital on the relationship between process and relational capital on market share. The Ohlson (1995) model was used to measure the value relevance of accounting information, digitalization initiative and intellectual capital. The study uses a multiple regression model to apply the Ohlson model (1995) to 412 firm-year observations of manufacture listed companies for the four-year period 2016–2019. This study also uses the portfolio return approach to measure the value relevance of accounting earnings. The findings documented that the fundamental variables of the Ohlson model consist of book value and earnings are positively related to the market value. Digitalization initiative has value relevance. In the Intellectuals Capital variables, which reflect process capital, the coefficient is significant but not in the predicted direction. And relation capital has a meaningful relationship with the market value, except for the human capital, the findings do not support the hypothesis. Human Capital moderates the relation between Process capital and share prices, and human capital moderates relational capital and share prices. The results of the portfolio return approach show that accounting earnings do not have value relevance.     Penelitian ini bertujuan mengkaji informasi akuntansi dan informasi lain. Penelitian ini menguji apakah informasi akuntansi, model intelektual dan upaya digitalisasi mempunyai pengaruh terhadap harga pasar saham. Selanjutnya penelitian ini juga menguji efek moderator dari modal manusia terhadap hubungan antara modal proses dan modal rasional pada harga saham. Model Ohlson (1995) digunakan untuk mengukur relevansi informasi akuntansi, upaya digitalisasi dan modal intelektual. Modal ini digunakan untuk menguji 412 observasi perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019 dengan menggunakan pendekatan analisis regresi. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan portofolio return untuk mengukur relevansi nilai laba akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel fundamental dari model Ohlson (1995) yaitu nilai buku dan laba berpengaruh positif terhadap harga pasar. Upaya digitalisasi memiliki relevansi nilai. Variabel modal intelektual  yang mencerminkan modal proses mempunyai koefisien yang signifikan tetapi arah koefisien tidak sesuai dengan yang dirumuskan dalam hipotesis. Modal relasional memiliki relevansi nilai sedangkan modal manusia tidak memiliki relevansi nilai. Modal manusia memoderasi modal proses dengan harga saham dan modal manusia memoderasi modal relasional dengan harga saham. Hasil dari pengujian portfolio return menunjukkan bahwa laba akuntansi yang diportofoliokan berdasarkan besarnya perubahan laba dan tanda perubahan laba tidak memiliki relevansi nilai.
DETERMINANTS OF BUSINESS ETHICS DISCLOSURE IN INDONESIAN COMPANIES Peni Nugraheni; Fidiah Nur Hastuti
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol. 22 No. 1 (2022): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.464 KB) | DOI: 10.25105/mraai.v22i1.12436

Abstract

Etika bisnis dalam perusahaan diperlukan sebagai pedoman bagi perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan etika bisnis pada perusahaan yang bersaham syariah di Indonesia. Variabel independen terdiri dari ukuran dewan direksi, keragaman gender, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Dengan menggunakan content analysis, penelitian ini menguji 160 data dari perusahaan yang terdaftar dalam Daftar Efek Syariah (DES). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan berpengaruh positif sedangkan sisanya tidak berpengaruh terhadap pengungkapan etika bisnis. Etika bisnis pada perusahaan syariah akan memperkuat identitas perusahaan yang selalu mengedepankan etika dalam aktivitas bisnisnya.   Business ethics in the company is needed as a guide for the company to carry out its operational activities. This study aims to analyze the factors the influence the disclosure of business ethics in Indonesian sharia compliant companies (SCC). The independent variables consist of board size, gender diversity, institutional ownership, managerial ownership, profitability and company size. Using content analysis, the study examines 160 data from companies listed in the Sharia Securities List (SSL). The results show that managerial ownership and company size have a positive effect while the rest have no effect on the disclosure of business ethics. Business ethics in sharia compliant companies will strengthen the identity of companies that always prioritize ethics in their business activities. 
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-BUPOT 23/26 Mahda Karina; Dr. Binsar H Simanjuntak
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol. 22 No. 1 (2022): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.876 KB) | DOI: 10.25105/mraai.v22i1.12627

Abstract

This study aims to analyze the influence of the variables of quality system and user satisfaction on the effectiveness of use e-Bupot 23/26 with taxation understanding as a moderating variable by testing hypotheses that have been formulated previously. This type of research is descriptive with a quantitative approach. This study uses primary data with distributed questionnaire to corporate taxpayers who are registered with Tax Office of Central Jakarta and the sample were 69 respondents using convenience sampling. The analytical method used is Multiple Regression with statistic tools SPSS. The results of this study indicate that quality system have a positive effect and user satisfaction not have a positive effect on the effectiveness of use e-Bupot 23/26. The taxation understanding can not strengthen positive effect quality system and user satisfaction on the effectiveness of use e-Bupot 23/26.   Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variable kualitas sistem dan kepuasan pengguna terhadap efektivitas penggunaan e-Bupot 23/26 dengan pemahaman perpajakan sebagai variabel moderasi dengan melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu menyebarkan kuesioner kepada wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Madya Jakarta Pusat dan sample sebanyak 69 responden dengan cara convenience sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Berganda dengan alat uji software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem berpengaruh positif dan kepuasan pengguna tidak berpengaruh positif terhadap efektivitas penggunaan e-Bupot 23/26. Untuk pemahaman perpajakan tidak dapat memperkuat pengaruh positif kualitas system dan kepuasan pengguna terhadap efektfitas penggunaan e-Bupot 23/26.
KOMPETENSI, MORALITAS DAN SISTEM WHISTLEBLOWING DALAM PENCEGAHAN FRAUD: STUDI EMPIRIS PADA ORGANISASI PEMERINTAHAN INDONESIA NURUL CHAIRI; MIRNA INDRIANI; DARWANIS DARWANIS
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol. 22 No. 1 (2022): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.025 KB) | DOI: 10.25105/mraai.v22i1.12655

Abstract

This study aims to investigate whether apparatus competence, whistleblowing system, and morality play a role in influencing fraud prevention. It is also intended to prove whether whistleblowing system has a mediating effect on the relationship among apparatus competence, morality and fraud prevention. The research subjects comprise of civil servants of Government Institutions of Central/Provinces/Regencies/Cities in Indonesia. The hypotheses were tested on 201 respondents who were selected using convenience sampling method. The data were collected using survey questionnaires sent via online using Google Form from January to February 2021. The data were analyzed using Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS). The results of this study showed that whistleblowing system and morality influenced fraud prevention. Nevertheless, it appeared that apparatus competence did not influence fraud prevention. This study also proves that whistleblowing system has a mediating effect on the relationship among apparatus competence, morality and fraud prevention.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparatur, sistem whistleblowing, dan moralitas terhadap pencegahan fraud dengan peran mediasi sistem whistleblowing. Responden penelitian terdiri 201 Aparatur Sipil Negara (ASN) pada pemerintahan Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Google Form yang disebarkan secara online. Data dianalisis  dengan menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem whistleblowing dan moralitas berpengaruh terhadap pencegahan fraud sedangkan kompetensi aparatur tidak memiliki pengaruh terhadap pencegahan fraud. Hasil pengujian juga menyatakan bahwa sistem whistleblowing  memiliki efek mediasi terhadap masing-masing hubungan antara kompetensi aparatur dan moralitas dengan pencegahan fraud. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan dasar pada kebijakan manajerial terhadap sistem whistleblowing yang perlu dikembangkan dalam organisasi.
SUSTAINABILITY REPORTING AND SUSTAINABLE GROWTH RATE: COVID-19 AS MODERATING VARIABLE Violin Meidy Theresia; Wijaya Triwacananingrum
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol. 22 No. 1 (2022): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.284 KB) | DOI: 10.25105/mraai.v22i1.12824

Abstract

Riset ini dilakukan untuk mengungkapkan pengaruh pelaporan keberlanjutan terhadap sustainable growth rate perusahaan, serta apakah situasi pandemi COVID-19 memoderasi pengaruh tersebut. Penelitian ini didasari dengan adanya value creation dari pelaporan keberlanjutan yang berhubungan erat dengan pertumbuhan perusahaan secara jangka panjang, namun ditemukan masih minimnya penelitian yang menghubungan pelaporan keberlanjutan dengan sustainable growth rate, sebagai salah satu alat krusial untuk mengukur pertumbuhan perusahaan. Variabel moderasi COVID-19 juga diikutsertakan karena rentang waktu penelitian 2018 - 2020 mencakup periode 2020 sebagai tahun dimulainya COVID-19 merebak di Indonesia. Data penelitian ini bersumber dari laporan keuangan dan laporan keberlanjutan perusahaan yang terdaftar di BEI dengan sampel penelitian yang berjumlah 43 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaporan keberlanjutan berpengaruh signifikan terhadap sustainable growth rate dengan arah pengaruh yang bervariasi tergantung dimensi pelaporan keberlanjutan berdasarkan GRI Standards, yaitu pengaruh positif oleh dimensi ekonomi dan lingkungan, dan pengaruh negatif oleh dimensi sosial. Di samping itu, penelitian ini juga membuktikan pandemi COVID-19 memoderasi hubungan pelaporan keberlanjutan dimensi ekonomi, lingkungan, dan sosial dengan sustainable growth rate. Penemuan ini dapat berguna bagi berbagai pihak, terutama manajemen perusahaan, dalam merencanakan strategi keuangan dan kegiatan pelaporan keberlanjutan untuk mengoptimalkan value creation yang dapat dihasilkan.   This research is conducted to demonstrate the impact of sustainability reporting on the sustainable growth rate, as well as to prove whether the COVID-19 pandemic situation moderated this impact. The background of this research is that the value creation of sustainability reporting is closely related to the company's long-term growth. However, it is found that research connecting sustainability reporting to sustainable growth rate, as one of the crucial tools to measure growth, is still very rare. The moderating variable COVID-19 is also included because the research period 2018 - 2020 covers the 2020 as the year the COVID-19 outbreak began in Indonesia. The data are sourced from financial and sustainability reports of companies listed on the IDX with a final sample of 43 companies. The result of this research shows that sustainability reporting has a significant impact on sustainable growth rate in various directions according to the sustainability reporting dimensions based on GRI Standards: positive influence by economic and environmental dimensions, and negative influence by social dimension. Besides, this research also finds that the COVID-19 pandemic moderates the relationship between the economic, environmental, and social dimensions of sustainability reporting and sustainable growth rate. These findings are useful for various parties and organizations, especially company management, in planning financial strategies and sustainability reporting activities to optimize the value creation that can be generated.
DO GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) AND INTEGRATED CORPORATE GOVERNANCE (ICG) IMPROVE PERFORMANCE AND REDUCE FRAUD IN INDONESIAN PUBLIC BANKING? Tugiantro Tugiantoro; Khomsiyah Khomsiyah; Ari Purwanti
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol. 22 No. 1 (2022): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.105 KB) | DOI: 10.25105/mraai.v22i1.12953

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah penerapan GCG dan ICG meningkatkan kinerja dan mengurangi fraud pada perbankan umum di Indonesia dengan menggunakan Asset Quality sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan sampel 27 bank pada periode 2015-2018. GCG dan ICG dinilai menggunakan analisis isi atas pengungkapan yang tersedia dalam laporan tahunan bank. Kinerja diukur dari kinerja saham dan kinerja keuangan. Fraud diukur berdasarkan Beneish M. Score (2009) menggunakan 5 (lima) indeks yang mengukur DSRI, GMI, AQI, SGI, dan TATA. Model Persamaan Struktural Partial-Least Square (PLS-SEM) digunakan dalam pengujian model penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa GCG berpengaruh positif terhadap Kinerja Saham, dan Kinerja Keuangan serta berpengaruh negatif terhadap Fraud. Sedangkan ICG berpengaruh positif terhadap Kinerja Saham, dan Kinerja Keuangan, namun tidak berpengaruh terhadap Fraud. Variabel kontrol Leverage (Lev) berpengaruh negatif terhadap Kinerja Saham, Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif terhadap Kinerja Keuangan, dan Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh positif terhadap Fraud. Kualitas Aset sebagai variabel pemoderasi dapat memperkuat pengaruh GCG terhadap Kinerja Keuangan dan Fraud. Hal ini juga dapat memperkuat pengaruh ICG terhadap Kinerja Keuangan. Namun variabel pemoderasi Kualitas Aset tidak memperkuat pengaruh GCG terhadap Kinerja Saham, juga tidak memperkuat pengaruh ICG terhadap Kinerja Saham dan Fraud. Pada F-Test, GCG dan ICG secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Saham, Kinerja Keuangan, dan Fraud.   The purpose of this study is to examine whether the implementation of GCG and ICG increase performance and reduce fraud on public banking in Indonesia while using Asset Quality as a moderating variable. This study is a causality study with 27 banks as samples on the period of 2015-2018. GCG and ICG assessed using content analysis on disclosures that are available in the bank's annual report. Performance is measured from stock performance and financial performance. Fraud is measured based on Beneish M. Score (2009) using the 5 (five) indexes measuring DSRI, GMI, AQI, SGI, and TATA. Partial-Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) was used in testing the study model. The result of this study showed that the GCG impact positively on the Stock Performance, and Financial Performance and impact negatively on Fraud. ICG on the other hand impact positively on Stock Performance, and Financial Performance, however, there is no influence against Fraud. The control variable Leverage (Lev) shows a negative influence on Stock Performance, the Capital Adequacy Ratio (CAR) shows a positive influence on Financial Performance, and the Loan to Deposit Ratio (LDR) shows a positive influence on Fraud. Asset Quality as a moderating variable can strengthen the influence of GCG on Financial Performance and Fraud. It can also strengthen the influence of ICG on Financial Performance. However, the moderating variable Asset Quality did not strengthen the influence of GCG on Stock Performance, nor did it strengthen the influence of ICG on Stock Performance and Fraud. In F-Test, GCG and ICG were simultaneously affecting the Stock Performance, Financial Performance, and Fraud.
THE EFFECT OF HEXAGON FRAUD ON FRAUD FINANCIAL STATEMENTS WITH GOVERNANCE AND CULTURE AS MODERATING VARIABLES: PENGARUH FRAUD HEXAGON TERHADAP FINANCIAL STATEMENT FRAUD DENGAN GOVERNANCE AND CULTURE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI Hexana Sri Lastanti; Etty Murwaningsari; Haryono Umar
Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi Vol. 22 No. 1 (2022): April
Publisher : LEMBAGA PENERBIT FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.112 KB) | DOI: 10.25105/mraai.v22i1.13533

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kecurangan laporan keuangan dengan governance and culture sebagai variabel pemoderasi. Faktor-faktor pemicu kecurangan laporan keuangan menggunakan Fraud Hexagon Model (Vousinas, 2019) yang terdiri dari stimulus, opportunity, capability, rationalization, ego dan collusion. Penelitian ini menggunakan unit analisis perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode penelitian tahun 2014-2020. Hasil pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 231 data observasi. Hasil pengujian data empiris menunjukkan bahwa opportunity berpengaruh positif terhadap kecurangan laporan keuangan baik pada saat tidak dimoderasi maupun dimoderasi oleh governance and culture. Governance and culture memperlemah pengaruh opportunity terhadap kecurangan laporan keuangan. Namun variabel lain berupa pressure, rationalization, capability, ego/arrogance dan collusion tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.   The purpose of this study is to obtain empirical evidence regarding the factors that influence financial statement fraud with governance and culture as moderation variables. Factors triggering financial statement fraud using the Fraud Hexagon Model (Vousinas, 2019) which consists of stimulus, opportunity, capability, rationalization, ego and collusion. This research uses the analysis unit of banking sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange with a research period of 2014-2020. The results of sampling using purposive sampling techniques obtained 231 observation data. The results of empirical data testing showed that opportunity had a positive effect on financial statement fraud both when it was not moderated or moderated by governance and culture. Governance and culture weakens the influence of opportunities on financial statement fraud. But other variables in the form of pressure, rationalization, capability, ego / arrogance and collusion have no effect on financial statement fraud

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 23 No. 2 (2023): September Vol. 23 No. 1 (2023): April Vol. 22 No. 2 (2022): September Vol. 22 No. 1 (2022): April Vol. 21 No. 2 (2021): September Vol. 21 No. 1 (2021): April Vol. 20 No. 2 (2020): September Vol. 20 No. 1 (2020): April Vol. 19 No. 2 (2019): September Vol. 19 No. 1 (2019): April Vol. 18 No. 2 (2018): September Vol. 18 No. 1 (2018): APRIL Vol. 17 No. 2 (2017): September Vol. 17 No. 1 (2017): April Vol. 16 No. 2 (2016): September Vol. 16 No. 1 (2016): April Vol. 15 No. 2 (2015): September Vol. 15 No. 1 (2015): April Vol. 14 No. 3 (2014): Desember Vol. 14 No. 2 (2014): Agustus Vol. 14 No. 1 (2014): April Vol. 13 No. 3 (2013): Desember Vol. 13 No. 2 (2013): Agustus Vol. 13 No. 1 (2013): April Vol. 12 No. 3 (2012): Desember Vol. 12 No. 2 (2012): Agustus Vol. 12 No. 1 (2012): April Vol. 11 No. 3 (2011): DESEMBER Vol. 11 No. 2 (2011): Agustus Vol. 11 No. 1 (2011): April Vol. 10 No. 3 (2010): Desember Vol. 10 No. 2 (2010): Agustus Vol. 10 No. 1 (2010): APRIL Vol. 9 No. 3 (2009): Desember Vol. 9 No. 2 (2009): Agustus Vol. 9 No. 1 (2009): April Vol. 8 No. 3 (2008): Desember Vol. 8 No. 2 (2008): Agustus Vol. 8 No. 1 (2008): April Vol. 7 No. 3 (2007): Desember Vol. 7 No. 2 (2007): Agustus Vol. 7 No. 1 (2007): April Vol. 6 No. 3 (2006): Desember Vol. 6 No. 2 (2006): Agustus Vol. 6 No. 1 (2006): April Vol. 5 No. 3 (2005): Desember Vol. 5 No. 2 (2005): Agustus Vol. 5 No. 1 (2005): April Vol. 4 No. 3 (2004): Desember Vol. 4 No. 2 (2004): Agustus Vol. 4 No. 1 (2004): April Vol. 3 No. 3 (2003): Desember Vol. 3 No. 2 (2003): Agustus Vol. 2 No. 3 (2002): Desember Vol. 2 No. 2 (2002): Agustus Vol. 2 No. 1 (2002): April Vol. 1 No. 3 (2001): Desember Vol. 1 No. 2 (2001): Agustus Vol. 1 No. 1 (2001): April More Issue